Skip to main content
Berbagi Tutorial Online

follow us

Cara Bongkar dan Ganti Mainboard Matot Printer Canon MP237

Selamat Sore Sobat TEKSO, melanjutkan tutorial sebelumnya Tutorial Cara Membuat Selang Pembuangan Canon MP237 pada kesempatan sore hari ini Admin akan berbagi Tutorial Cara bongakar Case Printer Canon MP 237 dan mengganti Mainboard yang Mati Total. 

Untuk langkah-langkah membongkar case printer canon MP237 ikuti langkah-langkah berikut ini: 


Langkah pertama lepaskan dua buah baut yang berada di bagian case belakang printer, lalu lepaskan case penutup bagian belakang dengan cara menarik keatas dengan pelan-pelan. 



Setelah berhasil membuka case printer bagian belakang, sekarang kita buka dulu case bagian atas penutup tombol dengan cara mencoongkel/menarik sisi-sisi case ke atas dengan perlahan karena terdapat beberapa pengait jangan sampai patah.  


Sekarang kita sudah berhasil membuka case penutup tombol bagian  atas. 


Langkah selanjutnya yaitu membuka case penutup bagian samping kanan, dengan cara mencongkel dua buah pengait yang ada dibagian bawah printer, kemudian melepas beberapa pengait bagian atas dengan perlahan. 


Sampai disini kita sudah berhasil membongkar penutup case bagian samping kanan dan mainboar dari printer sudah terlihat jelas. 


Langkah selanjutnya lepaskan satu persatu kabel fleksibel dan komponen lainnya yang tersambungan dengan mainboard dengan perlahan dan extra hati-hati terutama pada bagian kabel fleksibel yang mudah rontok/rusak bagian pangkalnya. 


Pada kasus ini Printer Canon MP237 mati total, setelah Admin cek kerusakan ada pada IC 901 untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini: 


Penetapan IC 901 sebagai tersangka biang kerok mati totalnya printer yaitu berdasarkan hasil uji test atau analisa ketika printer dalam keadaan tersambung dengan arus listrik dan tombol power printer di tekan IC 901 terasa sedikit hangat. Itu berarti terjadi short pada IC 901 tersebut. 

Silahkan diganti IC 901 apabila ternyata kasusnya sama, dan apabila setelah diganti ternyata mainboard tetap dalam keadaan mati total kemungkinan terjadi short pada capasistor atau dioda yang ada disekitar IC. Berhubung Admin tidak memiliki stok IC jadi dalam tutorial ini Admin langsung ganti dengan mainboard Second Canon MP237 yang sudah tested. 

Catatan: bagian sobat Tekso yang mungkin belum begitu menguasai cara solder menyolder IC Printer Admin sarankan untuk menyerahkan pada ahlinya. Tapi jika tetap ingin uji coba resiko kerusakan ditanggung sendiri ya sobat TEKSO. Hati-hati dalam mengangkat ic jangan sampai PCB Terbakar atau papan PCB terkelupas karena kurang panas. 


Setelah kita ganti mainboard yang mati total tadi dengan yang sudah tested work, pasang kembali kabel fleksibel dan komponen lainnya sesuai tempatnya seperti sedia kala. Pasang kembali case printer bagian samping kanan dulu, tempatkan beberapa pengait/pengunci pada  tempatnya lalu tekan sampai presisi. 


Hati-hati dalam memasang case, jangan dengan kekerasan asalkan semua pengait tepat pada tempatnya case akan dengan mudah terpasang.


Setelah case bagian samping kanan sudah berhasil kita pasang, sekarang pasang case bagian atas penutup tombol. Posisikan pada tempatnya dan jika dirasa sudah pas presisi tekan perlahan sampai semua pengait terpasang dengan sempurna. 


Kemudian pasang case penutup bagian belakang, posisikan pengait yang ada dibagian bawah pada tempatnya lalu tekan sedikit dorong ke depan. 


Setelah dirasa pas, pasang kembali kedua baut bagian case belakang printer


Nah... sekarang kita sudah berhasil membongkar dan mengganti Mainboard Printer Canon MP237. Mudah kan sobat TEKSO?..Sampai disini tutorial kali ini dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Anda Mungkin Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Disqus