Skip to main content
Berbagi Tutorial Online

follow us

Cara Isi Ulang atau Refil Toner Printer Laserjet Canon LPB 2900

Selamat sore sobat TEKSO, Melanjutkan postingan sebelumnya Tips Cara Merawat Printer Agar Awet Long Live pada kesempatan sore hari ini Admin agar berbagi tutorial cara isi ulang atau refill toner Ketrid Printer Laserjet Canon LBP 2900. 

Printer Canon LBP 2900 terbilang printer yang Istimewa dan handal. Kenapa Admin bilang begitu? karena selama pemakaian printer ini tergolong printer laserjet mono crome yang bisa mencetak dokumen sampai dengan 2 rim bahkan lebih dalam satu kali isi ulang toner. Tabung toner yang lumayan besar di kelasnya sejajar dengan ketrid toner HP P1100 sehingga mampu menampung serbuk toner yang lumayan banyak. Selain itu selama pemakain 2 tahun berjalan ini Alhamdulillah belum pernah ada kendala. Cocok banget untuk print-print borongan atau juga bisa dipakai untuk cetak master stampel flash. Memiliki dua Backing Kertas atas dan bawah sehingga bisa digunakan untuk 2 kertas dengan ukuran yang berbeda. 

Untuk langkah-langkah pengisian ulang atau refill toner Printer Canon LBP 2900 ikuti steb by step berikut ini: 
Pertama-tama keluarkan Ketrid dari home ketrid Printer, dengan cara menekan dan sedikit ditarik ke atas pada sisi tengah tempat pegangan ketrid. 

Kedua siapkan obeng besar plus, obeng kecil, Serbuk Toner, Plat Pengait bisa diambil dari case CPU bagian belakang, serta blower manual. 
 Ketiga Lepaskan dua baut seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. 
Setelah 2 baut dilepas, buka cover seperti gambar di bawah ini.
Lepaskan pengait kawat besi per kecil seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, dengan sedikit tarikan maju lalu di ditarik ke samping dengan bantuan obeng kecil. 

Setelah pengait kawat besi per berhasil dilepas, congkel ke atas ujung Drum Toner, lalu putar-putar pelan sambil ditarik supaya sepas dengan catatan jangan memegang komponen drum warna hijau, penggang bagian ujung griginya saja karena sidik jari yg menempel pada drum mempengaruhi hasil cetak setelah refill.
Setelah Drum toner berhasil dilepas, lepaskan rol karet panjang yang berada di bawah Drum warna hijau  tadi dengan bantuan pengait palat besi seperti gambar di bawah ini. 

Gunakan Obeng Kecil untuk melepaskan 2 pengunci case ketrid kanan dan kiri dengan cara mendorongnya dari dalam. 

Lepaskan kawat kecil penahan Cover Box pelindung Drum, dan buka covernya seperti gambar di bawah ini, lalu bersihkan sisa-sisa serbuk toner dengan menggunakan blower angin manual. 



Bersihkan tumpukan sisa-sisa toner buangan pada rumah tabung ketrid seperti gambar di bawah ini. 


Lepas Pipa magnet ketrid dengan perlahan dan hati-hati, jangan sampai tergores atau jatuh. karena pipa ini adalah komponen yang paling penting atau inti kedua dari ketrid toner selain Drum Warna Hijau. 
Isi ulang toner, melalui saluran parit yang tadinya tertutup Pipa Magnet Ketrid, sampai dengan penuh dengan cara menuangkannya langsung kemudian goyang-goyang ke kanan dan kekiri tabung toner ketrid. 

Setelah penuh seperti gambar di atas, bersihkan Pipa Magnet dan komponen-komponen lainnya dari sisa-sisa Toner dengan Blower Angin Manual dan Tissue Kering dengan catatan khusus pada Drum Warna Hijau dan Pipa Magnet jangan sampai tergores, gunakan blower angin manual dan usap berlahan sedikit mengambang dengan tissue kering apabila memang diperlukan. 
Catatan khusus: untuk kedua komponen ini jika sampai tergores atau jatuh maka hasil cetak akan blank hitam, kotor, atau bergaris-garis sampai dengan hasil cetakan blank putih so harus ekstra hati-hati.
Setelah semua komponen bersih seperti gambar di bawah ini, waktunya untuk merakit ulang kembali. Rakit kembali secara perlahan dan teliti jangan sampai ada komponen yang tidak pada tempatnya, atau kurang pas penempatannya, harus presisi seperti sedia kala sewaktu belum dibongkar. Jika tidak maka bisa saja nanti ketika dipasang pada Printer akan terjadi konslet atau gesekan antar komponen yang tidak seharusnya tejadi dan mengakibatkan kerusakan komponen ketrid itu sendiri. 

Setelah ketrid terpasang dengan sempurna seperti gambar di atas, pasang kembali ketrid pada unit printer seperti gambar di bawah ini. Lalu tutup cover rumah ketrid setelah selesai pemasangan ulang ketrid. 
Sampai disini sobat TEKSO sudah berhasil isi ulang atau refill toner ketrid Laserjet Canon LBP 2900. 

Demikianlah Tutorial Isi Ulang atau Refill Toner Printer Laserjet Canon LPB 2900, semoga membantu dan dapat dipraktikkan sendiri tanpa harus  refill ke tempat-tempat jasa refill toner printer. Salam TEKSO sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Anda Mungkin Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Disqus