Skip to main content
Berbagi Tutorial Online

follow us

Cara Membuat Modifikasi Pembuangan Tinta Printer Canon MP 287

Selamat malam sobat TEKSO, melanjutkan postingan sebelumnya Mengatasi Eror Paper Jamed E03 Printer Canon MP 287 Bukan Sensor Yang Rusak pada kesempatan ini Admin akan berbagi tips cara membuat saluran pembuangan tinta pada Printer Canon MP 287. Pertanyaannya kenapa sie harus dibuat/dimodifikasi saluran pembuangan tinta? Kan dari pabriknya sudah disetting tempat penampung/resapan tintanya? 

Buat yang belum tau apa fungsi dari modifikasi dibuatnya saluran pembuangan tinta simak ya!...

Sebuah printer meski dari pabrikan baik itu merk Canon atau Epson yang berbasis ink (tinta cair) memang dari pabrikan sudah diberikan tempat resapan tinta. Akan tetapi resapan tinta tersebut pasti ada batas maksimalnya bukan? Nah tujuan dari dibuatnya pembuangan tinta baru dengan mengeluarkan selang saluran tinta ke resapan yang ada pada box printer adalah untuk mengantisipasi terjadinya tinta luber ke unit box printer diluar area resapan. Biasanya printer yang tidak modifikasi saluran buangan tinta ketika area resapan pembuangan tinta sudah tidak lagi mampu menampung buangan tinta maka tinta akan mengalir ke daerah2 yang box printer. Sehinga menyebabkan hasil cetakan printer terkadang ikut menjadi korban lubernya tinta, yang lebih parah lagi jika tinta yang luber sampai mengenai unit Mainboard Printer sudah dipastikan akan terjadi konslet atau short. 

Langsung saja ikuti step by step berikut: 
Pertama-tama lepaskan dua buah baut yang ada di belakang case box printer seperti gambar di bawah ini. Kemudian tarik tutup box bagian belakang ke atas dan congkel bagian bawah tengah dengan obeng atau alat lainnya yang pipih. Karena pada bagian tengah bagian bawah terdapat pengait case. hati-hati ketika mencongkel dan jangan dipaksa ketika menariknya karena bisa menyebabkan patahnya kuncian case yang ada.  
Setelah tutup bagian belakang berhasil kita buka, cari dan keluarkan selang saluran pembuangan tinta seprti gambar di bawah ini. Lalu buatlah lubang pda tutup case bagian belakang dengan menggunakan obeng bor atau bisa dengan Paku yang sebelumnya dipanaskan, atau juga bisa menggunakan solder untuk membuat lubang keluar. 
Lubang sudah berhasil kita buat, langkah selanjutnya pasang kembali tutup box printer bagian belakang dengan sebelumnya mengeluarkan selang pembuangan tinta tadi dan jangan lupa tambah atau sambung selang dengan selang bekas infus supaya lebih panjang. 
Nah...sekarang sobat Tekso sudah berhasil membuat modifikasi pembuangan tinta pada Printer Canon MP 287, mudah bukan? 

Demikian tutorial cara membuat modifikasi pembuangan tinta pada printer canon mp 287, sampai jumpa di tutorial berikutnya. 

Anda Mungkin Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Disqus