Skip to main content
Berbagi Tutorial Online

follow us

Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris dan Warna Tidak Sesuai dengan Head Cleaning

Selamat pagi Sobat TEKSO, melanjutkan postingan sebelumnya Tutorial Resetter Printer Epson L805 Service Required Tested Work pada kesempatan pagi hari ini Admin akan berbagi tips cara mengatasi hasil print out yang tidak sempurna bergaris, putus-putus, ngeblur, atau warna yang tidak sesuai. Biasanya hal ini terjadi karena printer sudah digunakan untuk print out dalam jangka lama atau dipakai untuk print gambar dalam jumlah yang banyak. Bisa juga terjadi karena mengisi ulang tinta dengan tinta yang berbeda/merk lain sehingga akan terjadi yang namanya konflik unsur-unsur kiami dari tinta itu sendiri. Perlu sobat TEKSO ketahui bahwa unsur kiamiawi tinta itu berbeda-beda antara merk satu dengan merk yang lainnya. So hati-hati dalam memilih tinta, karena tinta dengan unsur kimia yang tidak compitable dengan head printer yang kita pakai dapat menimbulkan kerusakan. 


Untuk mengatasi Hasil Print out seperti yang admin jabarkan di atas, diperlukan yang namanya HEAD CLEANING, step by stepnya berikut ini: 

Disini langsung saja ya kita melakukan head cleaningnya langsung pada posisi kerja print out. Jadi tidak perlu masuk ke menu control panel - Hardware and Sound - Devices and Printer- dst.  langsung saja biyar gak rempong. 

Pada dialog menu print (CTRL + P) pilih dan click Printer propestis
Setelah muncul dialog Printer Propertis sepertgi gambar di bawah ini pilih Menu Pemeliharaan, lalu pilih Pembersihan Head. Kemudian akan muncul dialiog box baru Pembersihan Head pilih dan Klick Mulai. 
Secara automatis printer akan melakukan Head Cleaning seperti gambar di bawah ini

Silahkan ditunggu sampai beberapa menit sampai dengan proses selesai

Setelah proses head cleaning selesai seperti tampak pada gambar di bawah ini, pilih dan Click Selesai atau jika ingin cek hasil printout melalui Nozel klick Cetak Pola Pemeriksaan Nozel. 
Lakukan test print, apabila hasil cetak masih bergaris atau sedikit bergaris atau warna belum sesuai, lakukan kembali head cleaning sampai dengan hasil cetak kembali normal dengan catatan jangan terlalu sering melakukan Head Cleaning beri jeda apabila memang diperlukan head cleaning berkali-kali dan apabila setelah dilakukan head cleaning berkali-kali tidak normal (kondisi setelah melakukan isi ulang tinta) coba kuras tabung tinta dan bersihka tinta yang ada pada selang serta head lalu isi ulang dengan tinta yang dirasa pas sebelumnya.

Demikian tutorial singkat cara mengatasi hasil cetak bergaris atau tidak sesuai (HEAD CLEANING) semoga dapat membantu dan sampai jumpai di tutorial berikutnya.  

Anda Mungkin Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Disqus