Cara Mengatasi Printer Epson L110 Eror Blink Indikator Tinta dan Power Bersamaan

Selamat malam sobat TEKSO, melanjutka tutorial sebelumnya Cara Bongkar Case dan Ganti Mainboard Printer Epson L110, pada kesempatan ini Admin akan berbagi tutorial cara mengatasi Printer Epson L110 Blink Indikator Tinta dan Power Bersamaan. 

Printer dengan kasus seperti ini menimpa Printer Admin kurang lebih 3 Bulan yang lalu dimulai. Pada saat itu dipagi hari ketika Admin akan melaksanakan rutinitas seperti biasanya ketika Printer Epson L110 Admin nyalakan tiba-tiba tidak bisa nyala atau matot. Karena pada saat itu Admin coba untuk service dan ternyata gagal karena adanya kesalahan teknis, akhirnya Admin memutuskan untuk membeli Mainboard Second di Toko Online. Singkat cerita mainboard second yang admin order dari salah satu pelapak di Buka Lapak ternyata kondisinya sudah layak pakai, dari awal dipasang sudah sering timbul eror, mulai dari paper jam sampai dengan sering blink ketika dipakai untuk print dalam jumlah yang banyak. 
Setiap kali printer dipakai untuk print lebih dari 10 lembar, printer akan berhenti di tengah jalan dan diakhiri dengan Blink, untuk mengatasinya cukup mematikan printer dan menghidupkannya kembali. Sungguh merepotkan printer tidak bisa dipakai print borongan, yang menyebalkan ketika printer dihidupkan kembali maka secara otomatis akan melakukan print ulang dari halaman awal lagi. 

Admin coba bersabar dengan problem ini, printer masih admin gunakan meski harus sering ON dan OFF, dan pada akhirnya penyakit tersebut semakin menjadi terkadang tidak sampai dua lembar print out langsung blink dan pada puncaknya printer sering blink yang tadinya bergantian antara power dan indikator Ink sekarang menjadi blink kedua-duanya. Dan sekitar satu minggu yang lalu printer Epson L110 admin akhirnya tidak dapat digunakan sama sekali. Ketika printer dinyalakan akan menyala normal akan tetapi ditengah jalan pergerakan head printer terkendala seperti ada sesuatu yang menghalangi pergerakan head dan printer berbunyi keras karena head tidak lagi bisa bergerak (seperti tersangkut) kemudian Indikator Tinta dan Power Blink Bersamaan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, secara tidak sengaja admin menemukan solusinya, tanpa browsing tutorial di google admin iseng-iseng coba ganti-ganti IC. Karena pengalaman admin ketika menservice printer Merk Canon rata-rata eror yang seperti ini dikarenakan IC yang sudah lemah. 
Pertama-tama setelah case printer Epson L110 kita bongkar, langsung saja kita ambil mainboardnya. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti: Solder manual, Blower, Pinset, dan Flux. 
Tentukan Target IC yang akan kita eksekusi, pada kasus ini biang kerok Blink Indikator Tinta dan Power bersamaan adalah IC4, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini. 

Stel Blower pada Suhu Mantap Jiwa Mempesona yaitu 350 derajat, bisa lebih sedikit tapi jangan kurang dari itu karena akan memperlambat proses pengangkatan IC target. 
Lindungi bagian yang mudah terbakar yang terbuat dari plastik menggunakan kertas alumunium, lalu berikan flux secukupnya pada IC yang akan kita Angkat.  Setelah itu gunakan Pinset dan Blower untuk mengangkat IC target. 
Sekarang kita sudah berhasil melepas IC target, rapihkan timah pada dudukan kaki-kaki IC pada PCB mainboard dengan solder manual. 

Sekarang kita ambil IC kanibalan dari Mainboard tipe yang sama yaitu Mainboard Epson L110 yang sudah tidak terpakai atau matot yang bisa kita ambil ICnya. Cara mengangkat ICnya sama seperti cara diatas

Setelah kita berhasil mencopot IC4 dari mainboard yang sudah tidak dipakai (matot) sekarang kita pasang IC4 pada Mainboard yang kita akan lakukan penservisan. Cara memasangnya cukup dengan Pinset dan Solder Manual agar lebih mudah. 
Berikan flux secukupnya pada area kaki-kaki IC4, lalu posisikan kaki-kaki IC yang akan kita pasang tepat pada tempatnya, setelah dirasa pas cukup menempelkan ujung solder manual pada jalur timah tempat melekatnya kaki-kaki IC. Dengan adanya Flux maka solder-menyolder akan menjadi mudah dan tidak akan ada yang namanya sort (menyatunya timah antar kaki) 


Sekarang kita sudah berhasil memasang IC4, bersihkan sisa-sisa Flux dengan Tissue Kering atau dengan Kuas yang dibasahi Tinner

Pasang kembali Mainboard yang sudah berhasil kita perbaiki, dan tara.....printer kembali normal. Menyala tanpa Blink Indikator Tinta dan Power bersamaan itu artinya printer siap dioprasikan kembali. 

Demikian tutorial cara mengatasi Eror Blink Indikator Tinta dan Power bersamaan pada Epson L110. Sampai Jumpa di tutorial selanjutnya. 

0 Response to "Cara Mengatasi Printer Epson L110 Eror Blink Indikator Tinta dan Power Bersamaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel