Skip to main content
Berbagi Tutorial Online

follow us

Mengatasi Eror Paper Jamed E03 Printer Canon MP 287 Bukan Sensor Yang Rusak

Selamat sore sobat blogger, melanjutkan postingan sebelumnya Cara Reset Printer Canon MP 287 pada kesempatan ini admin ingin berbagi pengalaman service Printer Canon MP 287 dengan indikator kerusakan Paper Jam atau eror E03. Tidak seperti kasus-kasus Printer Canon MP 287 Paper Jamed yang pernah Admin tangani. Kali ini bener-bener beda dan sempat bikin Admin pusing dan bertanya-tanya dan hampir saja menyerah. Mengingat waktu pengerjaannya yang cukup lama sekitar 4 Jam lebih 10 menit. 
Awal kisahnya seperti ini, ada pelanggan Admin yang berkonsultasi bahwa perinternya tiba-tiba saja tidak bisa dipakai untuk print. Ketika Admin tanya apa indikator kerusakannya? jawabnya printer Paper Jamed di layar monitor tampil dialog box Keluarkan Kertas Terangkut dengan perintah menekan tombol Scand Warna Biru dan pada layar indikator printer menunjukkan Eror E03. Pada awalnya Admin langsung memvonis bahwa itu Sensor Kertas yang rusak karena ketika admin tanya apakah ketika dipakai print dan kertas tertarik dengan sempurna? jawabnya iya, kertas tertarik sempurna hanya saja ketika kertas sudah tertarik dan ke tahap pemosisian pencetakan printer langsung berhenti Paper Jamed. 


Setelah printer diantar ke markas Admin, langsung saja Admin bongkar dan ganti sensor kertasnya, alhasil ketika printer di coba untuk test print masih  paper jamed. Karena penasaran Admin coba ganti kembali sensor kertas barang kali stok sensor yang ada tidak semuanya 100% sehat. Ternyata setelah 10 kali ganti sensor kertas printer masih Paper Jamed. 


Ini berarti penyakit bukan di Sensor Kertas, Admin coba cek Scanner barang kali Eror ada di bagian Scanner, coba test scand melalui Photoshop alhasil Scanner berjalan normal tanpa kendala. Kemudian Admin coba resset printer berdasarkan hasil search googling kebanyakan bilang E03 salah satunya dengan Reset. Tapi ternyata printer tidak bisa masuk mode save mode. beberapa kali coba tekan kombinasi tombol power dan resume 4x printer terdeteksi device baru akan tetapi layar pada indikator printer tidak angka 0 akan tetapi angka 1 yang artinya printer dalam keadaan boot normal bukan save mode. 

Lumayan pusing dibuatnya, tanpa berpikir panjang Admin langsung saja copot mainboard dan mereplace IC Eeprom 104. Ternyata dan ternyata setelah diganti IC Eeprom dan test printer masih mengalami Paper Jamed. Disinilah admin mulai putus asa, udah cek bongkar full body gak ada benda asing yang tersangkut, ganti sensor kertas sudah, ganti IC Eeprom sudah, kok masih belum ketemu ya biyang keroknya????

Karena penasaran dan dipikir-pikir rugi jika Admin nyerah gitu aja, sudah berjam-jam bongkar pasang tidak ada hasil tentunya rugi waktu dan tenaga, lebih baik diteruskan dari pada tidak ada hasil. Kali ini admin coba ganti mainboard printer dengan mainboard Canon IP 2770 karena admin tidak punya stok mainboard Canon MP 287. Secara fisik antara mainboard Canon IP 2770 dengan Canon MP 287 sangat mirip yang membedakan hanya tombol power pada Canon MP 287 lebih dimodifikasi dengan filture scand dan kawan-kawannya, kemudian ada tambahan socket Scanner. 

Setelah ganti Mainboard dan test, hasilnya masih zonk, Penyakit Paper Jamed tetap muncul. Dari sini admin simpulkan kemungkinan besar kerusakan ada pada mechanik. Sekilas jika melihat pergerakan mechanik printer tidak ada masalah semua berjalan normal. Tapi karena sudah ganti mainboard masih saja Paper Jamed berarti letak kerusakan bukan pada sensor kertas dan mainboard printer pasti pada mekaniknya bermasalah. 

Admin memutuskan untuk membongkar dan mengganti satu unit Rumah Ketrid berikut dudukan plat besinya. Karena jika dibongkar terpisah akan mempersulit pekerjaan jadi lebih mudah sekali bongkar satu perangkat. 

Setelah melalui tahapan proses sangat panjang dan memakan waktu yang lama akhirnya biyang kerok eror Paper Jamed ditemukan. Ternyata componen yang eror ada di area rumah head, entah itu kabel fleksibel, atau komponen-komponen yang ada di area rumah head itu sendiri. Sekarang printer sudah normal kembali dan siap digunakan. 

Kesimpulan dari history panjang service Printer Canon MP 287 Eror E03 Paper Jamed adalah tidak selamanya Eror E03 Paper Jamed disebabkan oleh rusaknya sensor kertas, dan juga adanya sesuatu yang menghalangi pergerakan mechanik printer. Ternyata kerusakan pada area Rumah Head juga bisa terbaca Eror E03 atau Paper Jamed oleh system printer. 

Saran: Bagi sobat blogger yg menangani atau service printer canon khususnya yang dilengkapi dengan scanner. Setelah selesai memasang/memperbaiki komponen printer jangan dulu langsung dipasang case box printernya. Sebaiknya dicek dulu apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Karena jika langsung dipasang kita belum tahu pasti apakah benar-benar sudah berfungsi dengan baik sehingga beresiko bongkar pasang lagi. Contoh printer dalam kondisi test print setelah diperbaiki seperti di gambar dibawah ini, yg penting semua komponen sudah terpasang pada tempatnya. 


Demikian tutorial memperbaiki Eror E03 Paper Jamed Pada Printer Canon MP 287, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa di tutorial berikutnya. 

Anda Mungkin Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Disqus