Memperbaiki Canon IP 2770 Blink Orange Tanpa Berkedip Gagal Masuk Save Mode

Mengatasi masalah printer Canon IP 2770 Blink Orange Indikator Power dan Tinta bergantian 7 kali dan pada dekstop ada notifikasi kesalahan kode nomor 5B00 gambar tanda peringatan tinta berceceran biasanya adalah dengan cara direset dengan sofware resetter. Namun pada Printer Canon IP 2770 produksi tahun 2018 ada perubahan di sektor mainboard dimana IC Eeprom yang digunakan berbeda seri number dengan produk sebelumnya. Jika produk sebelumnya menggunakan IC Eeprom kode IC 104 maka pada printer IP 2770 produksi baru IC Eepromnya seri IC 103. 


Dampak dari pergantian penggunaan IC ini printer yang sudah mencapai masa reset yang biasanya mudah sekali diatasi hanya dengan reset menggunakan sofware resetter sekarang tidak bisa lagi menggunakan metode reset. Bahkan ketika kita mencoba masuk ke mode save mode kebanyakan printer langsung blin orange tanpa kedip dan tidak bisa masuk save mode secar atomatis kita tidak bisa melakukan reset karena syarat untuk melakukan reset printer harus dalam keadaan save mode. 


Untuk mengatasi hal ini dimana printer sudah tidak bisa lagi masuk ke mode save mode ditandai dengan blink orange tanpa berkedip adalah dengan jalan satu-satunya melakukan replace IC Eeprom. 

Adapun peralatan yang dibutuhkan dalam proses penggantian atau replace Eeprom Printer diantaranya; Blower, Solder Manual, Flux, Penjepit Mainboard, Pinset, Timah Cair/Gulung, spon pembersih mata solder dan IC Eeprom 103 baru. 


Terlihat ukuran mainboard untuk Printer Canon IP 2770 produksi yang baru lebih mini dan tidak begitu banyak komponen. IC Eeprom 103 sendiri berada di bagian muka depan mainboard tidak jauh konektor USB dan ukuran ICnya juga lebih mini jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yang berukuran kotak persegi. 



Oleskan fluk sebelum melakukan pemanasan pengangkatan IC agar kaki-kaki timah lebih cepat meleleh sehingga mudah dalam proses pencopotan atau pengangkatannya .


Atur suhu Blower dengan sentingan MJM alias Mantap Jiwa Mempesona yaitu 250 derajat celcius


Panaskan area IC dengan blower kemudian angkat IC ketika kaki-kaki timah sudah meleleh menggunakan pinset. 


Bersih area kaki-kaki timah tempat melekatnya IC, apabila kondisi timah tipis atau kurang rapi, rapikan terlebih dahulu dengan solder, tambah cetakan kaki-kaki timah dengan timah tambahan. 



Setelah kaki-kaki timah tempat melekatnya IC dirasa siap, lakukan pemasangan IC Eeprom 103 yang baru menggunakan solder manual atau blower. 


Proses penggantian IC Eeprom 103 selesai, bersihan sisa-isa flux dengan tissu kemudian pasang mainboard seperti semula. 


Sekarang Printer Canon IP2770 sudah normal kembali tidak Blink Orange tentunya dan siap digunakan untuk cetak dokumen sebagaimana mestinya. 

Demikianlah tutorial cara mengatasi Printer Canon IP 2770 Blink Orange Tanpa Kedip tidak bisa masuk mode save mode dengan koder eror 5B00. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. 

0 Response to "Memperbaiki Canon IP 2770 Blink Orange Tanpa Berkedip Gagal Masuk Save Mode"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel