Tutorial Cara Mengatasi Epson L220 Tidak Bisa Menarik Kertas

Beberapa hari yang lalu Admin mendapatkan job service Printer Epson L220 dengan Problem Printer  mengalami Paper Jamed tidak dapat menarik kertas kertas setiap kali digunakan untuk cetak dokumen.

Untuk lebih jelasnya perhatikan dokumentasi test berikut ini:



Problem Printer seperti ini sering kali Admin tangani, dan rata-rata masalahnya sangat sepele bukan karena kerusakan hardware seperti sensor kertas atau mekanik rol kertas yang sudah aus, akan tetapi karena printer tersebut kurang terawat sehingga adanya benda-benda asing yang masuk dalam baking kertas. Akibatnya printer tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen karena kertas pada baking tidak dapat terarik dengan sempurna (masuk) terhalang oleh benda asing yang masuk dalam area mekanik printer.

Berikut ini tutorial cara bongkar case printer epson L220 yang sempat Admin dokumentasikan ketika mengatasi masalah tersebut di atas.


Pertama-tama lepaskan satu buah baut yang berada di sebelah kanan baking kertas, kemudian buka pengunci case seperti gambar di bawah ini.


Lepaskan satu buah baut yang ada disebelah Kanan printer posisi tertutup scanner, buka penutup area rumah head (scanner) untuk mengaksesnya.


Kemudian lepaskan case penutup yang sudah kita lepas pengait dan bautnya di atas secara hati-hati dan pelan-pelan awas jangan dipaksa material plastik tipis rawan patah hasilnya seperti gamber berikut ini.


Setelah itu lepaskan konektor Kabel scanner yang berada di sebelah Kanan



setelah kita melepas kabel konektor Scanner, saatnya melepas menutup rumah printer (scanner) dengan cara sedikit digeser kekanan memudian angkat (tarik) ke atas. 


Sebelum memvonis adanya kerusakan hardware, alangkah baiknya coba test barang kali ada benda asing yang masuk diarea mekanik penarik kertas melalui wadah area baking kertas dengan cara memasukkan kerta yang agak tebal dari area rumah pergerakan head dibantu dengan memutar gear mekanik yang berada disebelah kanan bagian dalam. 


Setelah kertas masuk agak dalam, kemudian bagian sebelah kiri tidak dapat terus masuk karena tersangkut mekanik sensor kertas, renggangkan sensor kertas ke arah belakang agar terangkat (tidak mengahlangi kertas masuk) kemudian lanjutkan memasukkan kertas dengan bantuan mekanik gear. 



Jika kertas tetap tidak dapat masuk setelah diangkatkan mekanik sensor kertas itu berarti ada benda asing yang terjepit mekanik printer, solusi bongkar total mekanik printer. Namun jika benda asing yang masuk tidak terjepit mekanik secara otomatis akan terdorong keluar seperti gambar berikut ini tampak ada potongan biskuit yang sudah menjamur masuk ke dalam area mekanik printer. 


Kejadian seperti ini sering kali terjadi, biasanya benda asing yang masuk seperti tutup bulpoint, pake, peluru senapan angin, katembat, isi stamples besar, dan benda-benda kecil yang memungkinkan masuk ke dalam area baking kertas yang keberadaannya ada disekitar penempatan printer. 

Catatan penting: Sebelum memasang case printer seperti semula sebaiknya test printer terlebih dahulu dalam kondisi belum terpasang sempurna. Pasang scanner ala kadarnya yang penting konek kemudian lalukan pengetesan cetak dokumen. Hal ini untuk menghindari pekerjaan mengulang bongkar pasang case printer.

Kesimpulan dari problem Printer Epson L220 Paper Jamed gagal menarik kertas saat digunakan mencetak dokumen diatas adalah jangan langsung memvonis kerusakan sensor kertas ketika mendapati printer paper jamed. Bisa saja hal sepele di atas masuknya benda asing di area mekanik printer melalui baking kertas terjadi, namun apabila setelah diperiksa tidak ada benda asing yang masuk kemungkinan besar paper jamed diakibatkan oleh rusaknya sensor kertas atau mekanik rol kertas yang sudah aus. 

Demikianlah Tutorial Cara Mengatasi Epson L220 Paper Jamed Gagal Menarik Kertas, sampai jumpa di tutorial selanjutnya. 

0 Response to "Tutorial Cara Mengatasi Epson L220 Tidak Bisa Menarik Kertas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel